http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

‘Hidup Semakin Susah’

JAKARTA – Peningkatan kesejahteraan menjadi harapan warga di HUT ke-74 RI yang jatuh pada esok hari, Sabtu (17/8/2019). Salah satunya melalui penyediaan lapangan kerja.

Harapan ini disampaikan sejumlah buruh kupas kerang hijau di Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Berat memang kalau seperti saya yang hanya bisa mengharapkan dari hasil kupas kerang saja, padahal kebutuhan hidup tinggi," ujar Rohma, 46, buruh kupas kerang hijau, Kamis (15/8/2019). "Suami saya kerjanya serabutan dengan hasil tidak tetap."

Rohma berharap momen peringatan 17-an bisa dijadikan pemerintah untuk menyediakan lapangan kerja yang banyak. . "Khususnya untuk warga yang ada di pesisir seperti kami ini," ucapnya.

Ibu tiga anak ini mengatakan, hasil upah mengupas kerang yang diperolehnya hanya Rp20 ribu per karung. Dalam sehari, Rohma hanya mampu mengupas dua karung sehingga total upah yang diterima tidak lebih dari Rp40 ribu.

"Itu pun kalau tangkapan kerang banyak. Kalau lagi musim angin barat. Tangkapannya sedikit, jadi kupasan kerang pun tidak banyak. Bahkan kadang kosong," tuturnya.

Utang

Bila kupasan kerang sedikit, Rohma pun mengaku untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terpaksa harus mengutang. "Tahulah hidup semakin hari makin susah," keluhnya.

Selain Rohma, banyak warga lainnya di Kalibaru, Cilincing, mengandalkan hidup dengan menjadi buruh kupas kerang hijau. Banyak dari mereka adalah kaum ibu dan suaminya melaut.

Meski keduanya bekerja, tetapi perekonomian kembang-kempis. Mereka berharap ada bantuan dari pemerintah maupun Pemprov DKI Jakarta. "Kami ingin dibantu bahan pangan," harap satu warga. (deny/ruh/st)



Sumber: Poskotanews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...