http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Pasca Serangan Drone, Putin Tawarkan Sistem Pertahanan Rudal Rusia ke Saudi

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin menyarankan Arab Saudi untuk membeli sistem pertahanan Rusia untuk melindungi fasilitas-fasilitasnya menyusul serangan drone yang menghantam dua pabrik pengolahan minyak kerajaan itu akhir pekan lalu. Putin mencontohkan Iran dan Turki yang menggunakan sistem pertahanan S-300 dan S-400 Rusia sebagai bukti keandalan perangkat tersebut.

"Arab Saudi perlu membuat keputusan cerdas, seperti yang dilakukan Iran dengan membeli S-300 kami, dan seperti yang dilakukan (Presiden Turki) Erdogan dengan memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Triumph paling canggih dari Rusia," kata Putin kepada wartawan di Ankara sebagaimana dilansir RT, Selasa (17/9/2019).

BACA JUGA: Houthi Serang Fasilitas Minyak Saudi, Lumpuhkan Sebagian Pasokan Dunia

"Sistem semacam ini mampu mempertahankan segala jenis infrastruktur di Arab Saudi dari segala jenis serangan". Komentar itu disampaikan Putin menjawab pertanyaan tentang serangan pesawat tak berawak ke fasilitas minyak Arab Saudi baru-baru ini.

Amerika Serikat (AS) menuduh Iran berada di balik serangan tersebut, meskipun pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab. Arab Saudi memimpin sebuah koalisi yang terlibat dalam perang di Yaman untuk membantu Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi dan sejak itu berperang dengan Houthi.

BACA JUGA: "Locked and Loaded", Trump Nyatakan AS Siap Respons Serangan Fasilitas Minyak Saudi

Putin baru-baru ini bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani di Ankara. Ketiga pemimpin membahas sejumlah isu, terutama mengenai proses perdamaian di Suriah.

(dka)



Sumber: okezone.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...