http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Dompet Dhuafa Luncurkan 'Rumah Kopi Madaya'

Rumah Kopi Madaya melibatkan masyarakat ekonomi menengah bawah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa dalam memperingati hari pahlawan, meluncurkan rumah kopi Madaya di Zona Madina, Parung, Bogor, Ahad (10/11). Dompet Dhuafa terus mengembangkan, dan sasar sektor ril di bidang pertanian, peternakan, dan Unit Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada sektor ini masyarakat ekonomi menengah bawah banyak terlibat. Salah satu komoditas perkebunan yang menjadi tumpuan ekonomi masyarakat pedesaan yakni tanaman kopi. Indonesia menjadi produsen ke empat terbesar di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

"Dengan diluncurkan program Madaya Coffee hari ini yang artinya Maju dan Berdaya, ibarat satu keping dua sisi mata uang, Maju dan Berdaya tidak dapat dipisahkan, tidak akan maju tanpa berdaya serta tidak akan berdaya tanpa maju," kata Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika, Ahad (10/11).

Manfaat ekonomi kopi sebagai komoditas ekonomi dianggap belum maksimal dinikmati oleh petani kecil pada perkebunan rakyat. Dompet Dhuafa mengawali program pemberdayaan kepada petani kopi kecil agar mampu mencapai keuntungan usaha tani secara maksimal melalui Program Community Farming (CF) pada 2015. Program tersebut berbasis komunitas petani kopi yang menitikberatkan aspek budidaya 'on farm', penguatan kapasitas setelah panen dan pengembangan kelembagaan usaha sampai pada 2017.

Rumah produksi kopi dan kafe Madaya berada di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa Jampang, Kemang, Bogor, ini diharapkan menjadi tujuan kuliner maupun wisata edukatif bagi masyarakat umum. Mereka dapat menikmati beragam kopi yang dihasilkan petani komunitas kopi binaan Dompet Dhuafa di kafe Madaya.

Rumah produksi ini mengolah biji kopi dengan mesin 'roasting' berteknologi 'hot air', sehingga menghasilkan kopi sangrai 'roasted bean' seragam dan memiliki cita rasa premium. Selanjutnya dapat menjadi berbagai produk seperti kopi campuran gula, minuman kopi segar dan lainnya.

Produk kopi premium rumah produksi diharapkan dapat mengisi ceruk pasar masyarakat pecinta kopi berkualitas. Rumah kopi Madaya juga mengembangkan pasar produk kopi milik petani dampingan, sehingga tercipta kesinambungan produksi kopi masyarakat dengan program pemberdayaan kopi Dompet Dhuafa untuk pengembangan usaha, serta kepada petani kopi dampingan sebagai penerima manfaat.



Sumber: Republika.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...