http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Mengapa Harus Memperingati Maulid Nabi?

BEKASI –  Mengapa kita harus memperingati maulid Nabi Muhammad SAW? Pertanyaan seperti ini sering terlontar, dan acap kita dengar, bahkan di kalangan umat muslim sendiri.

Pertanyaan ini pula yang disinggung oleh DR.KH. Syamsul Ma'arif MA ketika mengawali ceramahnya dalam  perayaan Maulid Nabi 1441 H, di Masjid Al Insanul Kamil, Kompleks Taman Titian Indah, Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi, Sabtu (9/11/2019) malam.

Kita harus memperingati Maulid Nabi, karena kita senang dengan lahirnya seorang Rosul. Mengapa? Karena kehadiran seorang Rosul, kata KH Syamsul Ma'arif, akan menjadi suritauladan bagi seluruh umat manusia.

Wajib juga hukumnya bagi kita, umat muslim, mencintai Rosul Muhammad SAW.

Makna mencintai tentu tak sebatas merayakan kelahirannya dengan membuat acara perayaan Maulid Nabi seperti ini.

joles

Yang lebih penting adalah dengan cara mengikuti sunnah-sunahnya dan bersholawat kepadanya. Lebih utama lagi, mengamalkan suritauladannya, ajaranya, sunnahnya dalam kehidupan sehari – sehari tanpa pamrih, tanpa berharap imbalan karena semuanya diamalkan dengan niat suci penuh keikhlasan diri.

Tidak itu saja, seorang muslim baru dapat dikatakan taat kepada Nabi Muhammad SAW, selain harus sholeh, juga harus muslih.

Sholeh, diartikan dalam kategori muslim yang baik.Muslim yang taat dan bersungguh – sungguh menjalankan ibadah. Sedangkan muslih adalah mampu memperbaiki diri sendiri dan orang lain.

Ini dimaknai, bahwa "sholeh" adalah kualitas kebaikannya hanya untuk diri sendiri, sedangkan "muslih" kualitas kebaikannya bisa atau mampu merambah dan menjadi petunjuk bagi orang lain, masyarakat sekitar.

Demikian hikmah perayaan Maulid Nabi yang dihadiri jamaah dan majlis taklim Masjid Al Insanul Kamil. Acara diawali dengan lantunan merdu pembacaan ayat suci Alquran, dan sambutan Ketua DKM, Ponimin.(JL)



Sumber: Poskotanews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...