http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Pemotor Ceramahi Polisi Saat Ditilang, Ujung-ujungnya Tak Punya SIM

loading...

TANGERANG SELATAN - Sejumlah pengendara terkena razia Operasi Zebra yang digelar di Jalan Boulevard BSD, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (5/11/2019) pagi. Para pengendara baik sepeda motor, mobil, hingga truk, terkena tilang petugas karena melanggar aturan berlalu lintas.

Namun ada yang unik. Salah satu satu di antara pengendara itu menolak ditilang. Pengendara yang diketahui bernama Immanuel Rogito (19) yang mengendarai Honda Supra B 6184 BRG, malah menceramahi petugas. (Baca juga: Wanita Cantik Ini Terjaring Operasi Patuh Jaya di Kota Depok)

Laju kendaraannya diberhentikan oleh petugas untuk diperiksa. Meski telah dijelaskan alasan pemeriksaan dalam razia tersebut, dia justru ngotot dan malah menasehati petugas. "Inilah masalahnya Indonesia, Pak, harusnya ada prosedur dalam melakukan apapun. Tidak diberhentikan tiba-tiba. Kita mau ada aturan, enggak sembarangan," tutur Immanuel kepada petugas.

Baca Juga:

Polisi yang bertugas, Bripka M Nasir, terlihat tetap tenang dan coba menjelaskan razia yang digelar. Tapi lagi-lagi, Immanuel malah melantur dan bicara hal yang tak berkaitan dengan razia itu. Sontak, tingkahnya mengundang perhatian petugas dan pengendara lain di lokasi. "Enggak bisa, Pak. Indonesia ini harus diperbaiki seluruhnya. Aturan kita semua harus dirubah. Bapak harus tahu sekarang kenapa Indonesia begini, karena aturannya seperti ini," kata Immanuel.

Tak ada yang mengerti apa makna ucapan yang dilontarkan Immanuel kepada Bripka M Nasir. Sebagian pengendara dan polisi di lokasi hanya tersenyum sambil tertawa kecil mengamati tingkah anehnya. Tak mau berlama-lama mendengar ocehan Immanuel, Bripka M Nasir kembali menanyakan kepadanya kelengkapan surat bermotor. Setelah didesak, dia akhirnya mengakui bahwa tidak memiliki SIM.

"Iya, saya memang enggak ada SIM. Tapi yang lainnya lengkap, Pak. Saya mau jemput adik saya, Pak, tolonglah," ucap Immanuel sembari memelas agar tidak ditilang. (Baca juga: Hari Pertama Operasi Zebra, 6 Ribu Kendaraan)

Petugas ogah memilih berkompromi. Tanpa basa-basi, Bripka M Nasir langsung menilangnya karena berkendara tanpa SIM. Immanuel sempat menolak mendatangani surat tilang, namun setelah diberi penjelasan akhirnya dia menurut dengan ketentuan itu. "Saya mau jemput adik di BSD, tadi buru-buru. Nanti mau buat sih, belum sempat-sempat mau buat," ujarnya.

Operasi Zebra akan berakhir hari ini, 5 November 2019. Sejak digelar serentak pertama kali pada 23 Oktober 2019 lalu, telah banyak pengendara yang ditilang. Operasi rutin ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas yang masih terjadi.

(thm)



Sumber: Sindonews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...