http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Pemenang Sayembara Revitalisasi Ingin Dekatkan Masyarakat dengan Monas

loading...

JAKARTA - Deddy Wahjudi pemenang sayembara revitalisasi Monas dirancangannya ingin mendekatkan Monas dengan masyarakat. Konsep revitalisasi Monas yang terbuka tetap mempertahankan sisi eksklusif di area tengah atau ruang agung.

"Melalui sayembara ini kita usulkan karena melalui sebuah riset yang kami bimbing di ITB, menyebutkan monumentalitas itu sekarang adalah orang diajak lebih dekat kepada Monumen," ungkap Deddy di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Meskipun mengusung konsep terbuka, namun Deddy tetap mempertahankan sisi eksklusif Monas di area tengah atau ruang agung."Kami usulkan publik yang selama ini di luar pagar dan memang ada sistem tertentu buat masuk ke dalam, kami usulkan untuk bisa sehari-sehari lebih masuk ke ring dalam," ujarnya.

Deddy menuturkan, desain yang disetujui Pemprov ini disebutnya juga mengharuskan sejumlah pemindahan tata ruang. Salah satunya seperti yang dikerjakan sekarang, sisi selatan Monas jadi tempat upacara dan IRTI jadi kawasan hijau.

"Sisi Selatan ada plaza upacara dan mengelola bagaimana Lenggang Jakarta dan IRTI akan dihijaukan," katanya. Selain itu, Deddy juga merencanakan Plaza Timur Monas dekat dengan Sstasiun Gambir agar mudah diakses. Caranya dengan menempatkan Lenggang Jakarta yang sebelumnya berada di sisi selatan.

"Plaza Timur ini kita usul Pemprov DKI bisa kolaborasi dengan KAI gimana Stasiun Gambir jadi bagian Plaza Timur. Supaya lebih mudah dari Stasiun Gambir ke Monas dari sisi Timur," ucapnya.

(whb)



Sumber: Sindonews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...